ENERGI AIR

 

Air, seperti banyak zat, berisi dua jenis energi. Jenis pertama dari energi disebut energi kinetik. Ini adalah energi yang digunakan selama pelaksanaan proses, seperti gerakan. Karena air energi kinetik dapat mengalir dan gelombang bisa eksis.
Tapi air juga bisa mengandung energi potensial. Ini adalah energi yang tersimpan di dalam air. Disimpan, tetapi tidak digunakan. Energi ini bisa menjadi berguna ketika air mulai mengalir. Ini akan ditransfer ke energi kinetik dan ini akan menyebabkan gerakan.
Dapatkah energi dihasilkan melalui air?
Ketika air mengalir atau jatuh, energi dapat dihasilkan. Generasi energi melalui air biasanya dilakukan di pembangkit listrik air besar, dengan sejumlah langkah proses dan penggunaan beberapa perangkat, seperti turbin dan generator. Energi dalam air dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.
Apa itu PLTA?
PLTA adalah listrik yang dipasok oleh pembangkit energi dari jatuh atau air mengalir. PLTA adalah apa yang disebut sumber energi terbarukan. Ini berarti bahwa sumber, yang menyediakan energi, dapat diperpanjang. Hal ini karena, tidak seperti sumber energi tak terbarukan seperti minyak mentah, kita tidak akan kehabisan air sepenuhnya. Hal ini dapat diperbarui setelah kami telah menggunakannya untuk pembangkit energi.
Apa manfaat dan kelemahan dari pembangkit listrik tenaga air?
Ada beberapa manfaat bagi penggunaan tenaga air. Hydropower memiliki moderat untuk jumlah tinggi energi yang berguna dan biaya operasi dan pemeliharaan yang cukup rendah. Pembangkit listrik tenaga air memancarkan sedikit karbon dioksida yang memerangkap panas dan polusi udara lainnya selama operasi. Mereka memiliki rentang hidup 2-10 kali lebih besar daripada batu bara dan pembangkit listrik tenaga nuklir.
Bendungan yang digunakan dalam pembangkit listrik membantu mencegah banjir dan menyediakan aliran diatur air irigasi ke daerah di bawah bendungan.
Namun, ada beberapa kelemahan penggunaan listrik tenaga air. Sebuah pembangkit listrik tenaga air memakan banyak ruang dan ini dapat menyebabkan habitat hewan untuk pergi hilang. Proyek skala besar dapat mengancam kegiatan rekreasi dan mengganggu arus sungai. Karena kehadiran bendungan dan waduk, ikan mungkin tidak dapat berenang ke laut dan kehidupan air dapat menurunkan di daerah pembangkit listrik tenaga air.
Bagaimana energi yang dihasilkan dalam pembangkit listrik tenaga air?
Sebuah pembangkit listrik tenaga air terdiri dari bendungan tinggi yang dibangun di sungai besar untuk menciptakan reservoir, dan stasiun mana proses konversi energi listrik berlangsung.

Langkah pertama dalam generasi energi dalam PLTA adalah koleksi run-off hujan musiman dan salju di danau, sungai dan sungai, selama siklus hidrologi. The run-off mengalir ke bendungan hilir. Air jatuh melalui bendungan, ke PLTA dan ternyata roda besar yang disebut turbin. Turbin mengubah energi jatuh air menjadi energi mekanik untuk menggerakkan generator. Ternyata poros, yang berputar sejumlah magnet di generator. Ketika magnet melewati kumparan tembaga medan magnet dibuat, yang membantu produksi listrik. Langkah-up transformer dari akan meningkatkan tegangan listrik, untuk tingkat yang diperlukan untuk perjalanan ke masyarakat. Setelah proses ini telah terjadi listrik ditransfer ke masyarakat melalui jalur transmisi dan air dilepaskan kembali ke danau, sungai atau sungai. Hal ini sepenuhnya tidak berbahaya, karena tidak ada polutan ditambahkan ke air sambil mengalir melalui PLTA.

Berapa banyak listrik dunia dipasok oleh pembangkit listrik tenaga air?
PLTA memasok sekitar 20% dari listrik dunia, dan 6% dari total energi komersial.
Ini merupakan indikasi dari total pasokan listrik dengan pembangkit listrik tenaga air di beberapa negara yang berbeda:
– 99% di Norwegia
– 75% di Selandia Baru
– 50% di negara-negara berkembang
– 25% di Cina
– 13% di Amerika Serikat
Bisakah kita menghasilkan listrik dari pasang surut dan gelombang?
Produksi listrik dari gelombang dan pasang adalah pilihan hari ini. Tentang dua kali sehari dalam tinggi serta pasang surut, air mengalir masuk dan keluar dari pantai dan muara. Air ini dapat memutar turbin, dalam rangka untuk menghasilkan listrik. Namun para analis telah mengambil melihat lebih dekat pada bentuk pasokan energi dan mereka percaya bahwa kekuatan pasang surut hanya dapat memberikan kontribusi kecil untuk pasokan energi dunia, karena lokasi yang sesuai beberapa, biaya konstruksi yang tinggi dan risiko kerusakan peralatan oleh korosi air asin. Namun, ada beberapa daerah dengan kondisi yang tepat untuk menghasilkan tenaga pasang surut. Perancis dan Kanada memiliki fasilitas terbesar energi pasang surut sekarang.
Apakah produksi listrik dari panas yang tersimpan dalam air mungkin?
Beberapa negara percaya energi yang dapat dihasilkan dari laut gradien termal. Mereka telah mengevaluasi penggunaan perbedaan termal besar lautan tropis untuk produksi energi. Dengan panas termal di dalam air mereka ingin menghasilkan uap yang dapat memutar turbin, untuk produksi listrik. Energi panas di lautan akan dikonversi di dalam tanaman konversi, yang akan berlabuh ke dasar laut. Teknologi produksi energi dari panas yang tersimpan dalam air belum diterapkan, karena masih dalam tahap penelitian. Analis percaya bahwa teknologi ini tidak akan memiliki nilai ekonomi yang cukup untuk bersaing dengan teknologi produksi energi lainnya.
Sebuah alternatif yang mungkin memiliki nilai ekonomi adalah kolam surya. Dengan menjebak sinar matahari di kolam air tawar air akan menjadi hangat, yang menyebabkan produksi uap. Uap ini terjebak dan digunakan untuk memutar turbin untuk produksi listrik. Prinsipnya adalah sama dengan produksi listrik dari energi panas di lautan, namun, teknologi ini jauh lebih sederhana dan memiliki biaya konstruksi dan operasi moderat.

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Slider by webdesign

  • Facebook