Pedoman Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan

Hay sahabat-sahabat yang baik hatinya, salam sejahtera untuk kita semua. Oh iya, denger-denger tanggal 13 juni kemarin hasil ujian SBMPTN sudah bisa dilihat, bagaimana hasilnya? pasti bikin perasaan gak tenang kalau belum lihat hasilnya. Admin juga pernah merasakan hal yang sama dengan kalian ketika penasaran dengan hasil ujian SBMPTN tahun 2015. hehehe…

Nah, Admin ucapkan selamat untuk sahabat-sahabat yang dinyatakan lolos ujian SBMPTN, dan untuk yang belum beruntung jangan bersedih. Coba lagi di tahun depan dengan persiapan yang lebih matang.

Tapi tenang, bagi yang mendaftar di Universitas Lampung Admin punya solusinya. Apa itu? yuk kita simak uraiannya dibawah ini.

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila) Tahun Akademik 2017/2018 selain dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Unila juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMM PTN-BARAT), Simanila Paralel, Simanila Jalur Prestasi Khusus, Simanila Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP), Dan Simanila Vokasi (Diploma 3).

Kali ini yang akan admin publish adalah jalur Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) Universitas Lampung.

Yuk kita lihat apa saja persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Peserta jalur SMM PTN-BARAT, Simanila Jalur Prestasi Khusus, Simanila PMPAP, dan Simanila Vokasi harus Lulus Sekolah Menengah Atas Tahun Akademik 2015, 2016, dan 2017.
  2. Peserta Simanila Paralel merupakan Lulus Sekolah Menengah Atas atau sederajat tanpa batas tahun kelulusan, baik yang baru lulus maupun sudah bekerja.
  3. Peserta Simanila Jalur Prestasi Khusus untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) atau Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, seni dan keagamaan yang dibuktikan dengan piagam/sertifikat dari lembaga yang kredibel/kompeten. Kriteria penerimaan mahasiswa baru tersebut diantaranya:

    1. Bidang Akademik: memiliki prestasi berupa juara Olimpiade Sains tingkat Propinsi, Nasional, dan Internasional, serta juara I, II dan III Lomba Cepat Tepat (LCT) dalam rangka Dies Natalis Universitas Lampung;

    2. Bidang Olah Raga: memiliki prestasi (juara) salah satu cabang olah raga di tingkat Propinsi (Pra PON, PORPROP), Nasional (PON, Kejurnas), dan Internasional (SEA GAME, ASEAN GAME, OLYMPIADE);

    3. Bidang Seni: memiliki prestasi (juara) pada kejuaraan tingkat Propinsi, Nasional, dan Internasional yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah;

    4. Bidang Keagamaan; Hafiz Qur’an ≥ 10 Juz atau juara Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Propinsi, Nasional dan Internasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an;

    5. Pilihan program studi harus relevan dengan prestasi yang dimiliki atau yang diraih

  4. Peserta PMPAP dikhususkan untuk lulusan Sekolah Menengah Atas/Sederajat di Provinsi Lampung dan dari keluarga tidak mampu/miskin.
  5. Khusus Peserta SMM PTN-BARAT Fakultas Kedokteran yang dinyatakan lulus seleksi wajib mengikuti Tes Buta Warna dan Tes Kejiwaan.

Untuk Simanila Jalur Prestasi Khusus dan PMPAP tidak dipungut biaya apapun.

Untuk Simanila Jalur Prestasi Khusus dan Simanila PMPAP, program studi yang dapat dipilih maksimum 2 (dua) program studi yang disesuaikan dengan jurusan di SMA/ deserajat.

Materi ujian SMM PTN-BARAT, Simanila Paralel, dan Simanila Vokasi adlah sebagai berikut:

  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

dan jangan lupa dicatat tanggal pentingnya dibawah ini:

No Jadwal Tanggal Tempat
1 Pendaftaran Online 12 Juni s.d 22 Juni 2017 http://pmpap.unila.ac.id/
2 Wawancara 12, 13, 14, dan 15 Juli 2017 Gedung Rektorat Lt.4
3 Pengumuman 21 Juli 2017 http://simanila.unila.ac.id & Media Massa
4 Pengisian data pokok mahasiswa baru 21 Juli s.d. 23 Juli 2017 http://sidakma.unila.ac.id

Demikian yang bisa admin share untuk sahabat-sahabat calon agent of change yang akan menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara super power pada tahun 2045.

TIDAK ADA ANAK YANG BODOH (Prof. Yohanes Surya, Ph.D.)


 

June 14, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*