Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam. Setiap kota memiliki pesonanya masing-masing. Salah satunya ialah Kota Manado. Kota ini terletak di Pulau Sulawesi tepat di Provinsi Sulawesi Utara. Kota yang terkenal akan paras wanitanya yang menawan dan kulit putih cerah ini memiliki satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi. Taman Laut Bunaken, taman nasional yang didirikan pada tahun 1991 ini memiliki wilayah seluas 890 . Taman ini meliputi 5 pulau yaitu pulau Bunaken, Manado Tua, Naen, Siladen dan Mantehage. Terletak di segitiga terumbu karang, membuatnya memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Ada sekitar 390 spesies yang berbeda didalamnya. Selain itu, taman ini juga dipenuhi spesies ikan yang beragam. Tercatat ada 2000 spesies ikan yang hidup di objek wisata incaran para turis penyuka ombak ini. Bagi Anda yang menyukai penyelaman, tempat ini merupakan tempat yang dipilih. Hal ini dikarenakan sebanyak 20 titik dapat Anda jadikan tempat melakukan diving.

 Sejarah singkat tentang Taman Laut Bunaken sudah dikemukakan banyak kalangan. Masyarakat Manado mempercayai jika tepat pada tahun 1400, Taman Laut Bunaken berpenduduk imigran yang berasal dari Kerajaan Bowontehu. Lalu, pada tahun 1850 berpindahan penduduk kembali terjadi yaitu dari Tanjung Parigi ke arah tenggara. Dari sinilah asal mula nama Bunaken muncul.

Penduduk memberikan nama Wunakeng yang berarti tempat tinggal. Sehingga, kata tersebut berkembang menjadi Bunaken. Datanglah para penyelam pada tahun 1975 dan berekspedisi di Bunaken. Para penduduk asli yang tidak mengenal dan ketakutan, memperingati kelompok penyelam agar tidak melanjutkan ekspedisinya. Ini dikarenakan menurut penduduk setempat, Bunaken memiliki banyak roh jahat. Tetapi, para penyelam tidak memperdulikannya. Para penyelam tetap melanjutkan aksi penyelaman. Masyarakat menunggu di tepi laut dengan perasaan yang tidak tenang.

Menurut pikiran warga, kelompok penyelam tersebut tidak akan keluar dari dasar laut dengan selamat. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Rasa kagum dan tidak menyangka dirasakan penduduk saat melihat penyelam-penyelam tadi kembali ke permukaan. Setelah itu, mereka menceritakan kepada warga apa yang ada di laut Bunaken. Mereka menceritakan akan indahnya pemandangan bawah laut yang melebihi keindahan Kepulauan Antilen Great Barrier di Kanada. Hal tersebut juga diakui oleh penyelam mancanegara bahwa keindahan bawah laut Bunaken tidak tertandingi.

Lalu, tepat tahun 2005 silam Taman Laut Bunaken dijadikan salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan perjalanan akan sulit dilalui. Untuk menginjakan kaki di Bunaken, Anda hanya perlu menumpangi perahu dari kota Manado selama kurang lebih 30 menit saja. Lalu, tiket masuknya dapat Anda peroleh di Kantor Taman Nasional Bunaken. Terkait tempat untuk beristirahat, vila-vila penginapan sangat mudah ditemukan.

This article was filed under wisata.

Leave a Reply

*

Recent Comments

Notice!

Please enable widgets in bottombar!

Slider by webdesign