Penyakit ambeien atau yang juga dikenal dengan wasir merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ pencernaan. Ambeien dalam dunia medis disebut sebgai hemoroid ini merupakan terjadinya pembesaran pada pembuluh dara yang terdapat dianus.

Meskipun wasir dikenal bukan sebagai penyakit yang berbahaya. Tetapi penyakit ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman, terutama ketika buang air besar. Namun jika penyakit ini didiamkan terus menerus bisa menyebabkan keparahan pada penderitanya.

Wasir sendiri memiliki dua macam, yakni wasir internal dan wasir eksternal. Wasir internal merupakan adanya benjolan dari pembuluh darah didalam anus. Sementara wasir eksternal timbulnya pembengkakan pada bagian luar anus.

Wasir bisa menyerang siapa saja. Namun sebagian besar penderita wasir merupakan orang-orang yang memiliki usia lanjut sekitar 50 tahun keatas dengan ditemukannya gejala-gejala pada umumnya semacam rasa nyeri dan pendarahan.

Penyebab Penyakit Ambeien

Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai penyebab penyakit wasir. Namun banyak peneliti yang memperkirakan bahwa penyakit ini berkaitan dengan frekuensi tekanan dalam darah dan disekitar anus. Namun beberapa hal ini diperkirakan menjadi penyebab terjadinya ambeien, seperti:

– Konstipasi, konstipasi atau sembelit diperkirakan menjadi salah satu penyebab ambeien. Karena sembelit membuat penderitanya harus mengedan lebih keras ketika buang air besar.
– Kehamilan, banyak wanita hamil yang mengalami wasir. Hal ini dikarenakan adanya tekanan dari janin sehingga mempengaruhi pembuluh darah disekitar anus.
– Persalinan, persalinan dikatakan sebagai salah satu penyebab wasir, karena persalinan membuat seorang harus mengedan lebih keras sehingga menyebabkan wasir.
– Obesitas, penderita kelebihan berat badan akan membuat bagian bawah perut menekan lebih berat, sehingga menyebabkan wasir.
– Seks anal, seks yang sering dilakukan oleh kaum homoseksual ini juga menjadi salah satu penyebab wasir
– Terlalu banyak duduk, terlalu banyak duduk membuat seseorang mengalami gejala wasir.

Adapun beberapa gejala yang sering ditemui pada penderita wasir, seperti:

Pendarahan

Pendarahan bisa terjadi pada orang-orang yang menderita wasir. Pendarahan ini sering ditemukan pada penderita hemormoid seperti dilansir Indo Optimis. Pendaharan biasanya terjadi saat buang air besar disertai keluarnya darah dari dalam anus.

Gatal dan Nyeri

Gatal dan nyeri pada dubur menjadi gejala yang paling sering ditemui pada penderita hemormoid. Gejala ini akan sangat menyebalkan bagi penderita wasir, karena merasa selalu ingin menggaruk bagian anus.

Sakit Saat Buang Air Besar

Rasa sakit bukan hanya timbul saat gatal saja. Tetapi rasa sakit pun akan muncul ketika anda melakukan buang air besar. Anda akan merasa sangat sulit mengedan saat buang air kecil, sehingga terasa sangat sakit ketika menggeluarkan kotoran.

Penyebab wasir masih bisa diatasi dengan beberapa pencegahan dan juga melakukan pengobatan wasir untuk menghilangkan rasa sakit saat buang air besar dan menghentikan pendarahan.

Pengobatan Penyakit Ambeien

Sebenarnya, wasir akan hilang sendiri tanpa melakukan pengobatan. Namun jika anda ingin melakukan pengobatan biasanya ada beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh dokter yang akan menangani anda dalam mengobati wasir.

Obat Oles

Obat oles ini sebenarnya bisa anda dapatkan di apotek-apotek tanpa memerlukan resep dokter. Biasanya obat jenis ini digunakan untuk menghilangkan rasa ketidaknyamanan penderita hemoroid agar bengkak pada anus bisa diredakan.

Paracetamol

Paracetamol biasanya diberikan oleh dokter untuk menghilangkan rasa sakit yang terjadi pada bagian anus. Anda diharuskan untuk mengkonsumsi obat ini.

Suntikan Skleroterapi

Hal ini dilakukan untuk memperkecil tonjolan yang ada pada anus. Biasanya setelah melakukan penyuntikan, proses pengempisan benjolan pada anus akan berlangsung sekitar satu bulan. Setelah itu anda akan bisa melakukan aktivitas secara normal.

Pengikatan

Pengikatan juga bisa dilakukan dengan cara mengikat tonjolan yang ada pada anus. Proses ini adalah salah satu cara untuk mematikan aliran darah yang mengalir ke hemoroid. Aliran darah akan membuat tonjolan menjadi kempis dan penderita akan bisa melakukan aktivitas secara normal kembali.

Pencegahan Penyakit Ambeien

Penyakit ambeien bisa dicegah dan diobati secara sendiri jika anda melakukan hal-hal seperti berikut,:

– Makan Makanan Banyak Serat
– Tidak duduk dalam jangka waktu yang cukup lama
– Menjaga kebersihan anus
– Tidak melakukan seks anal
– Tidak mengedan terlalu keras saat buang air besar
– Selalu melakukan buang air besar ketika sudah kebelet
– Berolahraga

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyembukan penyakit ambeien. Ambeien terjadi akibat dari gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu anda bisa mulai melakukan hidup sehat, terutama dalam menjaga kebersihan bagian pencernaan.

This article was filed under kesehatan.

Leave a Reply

*

Recent Comments

Notice!

Please enable widgets in bottombar!

Slider by webdesign