final liga champion tersaji duel madrid

final liga champion 2014 akan terulang lagi pasalnya dini hari tadi real madrid mampu meraih tiket ke final setelah mengalahkan manchester city dengan skor 1 – 0 di santiago bernabueu. hal serupa dilakukan oleh atletico madrid sebelumnya dengan mengeliminasi bayern munchen di allianz arena dengan agrgat keagresifan gol tandang. mampukan ATM bala dendam terhadap real madrid. kita nantikan final nya di san siro.real-madrid-atleti

aplikasi komputer bisnis

 laju perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat para pemain dalam bisnis memutar otak untuk bagaimana perusahaanya dapat bersaing dan mengikuti era digital yang tidak bisa dibendung. untuk tetap bisa tumbuh dan bersaing masing – masing perusahaan bersaing dan berlomba – lomba untuk meningkatkan kualitas perusahaan dengan meningkatkan kinerja dengan memaksimalkan teknologi sebagai batu lonjatan perusahaan.

  1. Komputer ekonomis

Spesifikasi komputer seperti dibawah ini biasanya di pakai pada perkantoran,dan tempat dinas serta untuk mendesain tetapi untuk daya kecepatan kurang, serta yang banyak menggunakan Microsoft office dan keperluan lainya yang berkaitan dengan kegiatan kantor, seperti mengetik, mencetak hasil ketikan , browsing dan keperluan lainnya.

komputer ekonom

  1. Komputer User Power

Power Users umumnya merupakan jenis pengguna aplikasi yang memerlukan keahlian khusus dalam pengoperasiannya. Walaupun seringkali jenis kelompok Power Users ini identik sebagai programmer di mata orang awam, tidak semua Power Users adalah programmer. Beberapa contoh aplikasi yang digunakan oleh Power Users adalah Video Editor, Graphic Designer, Audio Producer, Scientific Researcher, Multimedia Author, Desktop Publisher, bahkan Professional Gamers. dan pada spesifikasi rakitan di atas merupakan salah satu rakitan power user komputer karena pada tiap tiap bagiann dari komputer tersebut menggunakan tingkat kompleksitas dan kualitas yang baik. Pengguna komputer seperti ini membutuhkan komputer dengan ukuran prosessor yang besar karena kebutuhan akan pekerjaan sebagai power user. Dengan prossesor intel i5 4690 box pula akan membuat para gamer lebih merasa puas pula.

Power-user-komputer

  1. Komputer Low Budget

Pekerjaan untuk komputer yang mempunyai spesifikasi seperti dibawah ini, memungkinkan untuk pekerjaan kantor seperti ketik mengetik dan browsing dan untuk praktik di sekolah maupun di perguruan tinggi karena spesifikasi komputer yang hanya dapat bekerja untuk inensitas yang tidak tinggi. Dan jika untuk melakukan pekerjaan yang seperti desain dan program tinggal menambahkan VGA untuk proses desain yang lebih mumpuni dan cepat. Dengan LCD yang cukup lebar memdahkan operator untuk melakukan pekerjaan secara maksimal.

 kantor biasa

simulasi perakitan komputer

KOMPUTER USER POWER

Power user komputer

Power user komputer yaitu jenis pengguna komputer yang paling tinggi tingkat kompleksitas dan tingkat kesulitan penggunaan aplikasinya. Power Users memerlukan komputer dengan spesifikasi terbaik di bidang nya . Kelompok Power Users biasanya menggunakan jenis komputer workstation atau komputer tipe lainnya yang lebih canggih . komputer ini biasanya adalah kelompok user yang memiliki kompetensi spesial di bidangnya masing-masing. Power Users umumnya merupakan jenis pengguna aplikasi yang memerlukan keahlian khusus dalam pengoperasiannya. Walaupun seringkali jenis kelompok Power Users ini identik sebagai programmer di mata orang awam, tidak semua Power Users adalah programmer. Beberapa contoh aplikasi yang digunakan oleh Power Users adalah Video Editor, Graphic Designer, Audio Producer, Scientific Researcher, Multimedia Author, Desktop Publisher, bahkan Professional Gamers. dan pada spesifikasi rakitan di atas merupakan salah satu rakitan power user komputer karena pada tiap tiap bagiann dari komputer tersebut menggunakan tingkat kompleksitas dan kualitas yang baik. Pengguna komputer seperti ini membutuhkan komputer dengan ukuran prosessor yang besar karena kebutuhan akan pekerjaan sebagai power user.

Core i5 aditanamkannya fungsi chipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH pada Motherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55 (dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipset northbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5 hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkan menjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MB L3 cache. Dengan spesifikasi komputer yang berada seperti diatas, maka untuk gaming dalam waktu lama tidak akan membuat komputer tersebut mudah panas, jika dalam kondisi game yang standar.

 

COMPUTER  EKONOMIS

Komputer Ekonomis

Pekerjaan yang cocok untuk menggunakan komputer DENGAN SPESIFIKASI seperti ini  adalah desainer grafis(pemula) yang membutuhkan kecepatan dalam mengolah data. Dengan komposisi hardware berkemampuan cukup bagus dan didukung dengan LCD BenQ 24 inci maka akan membuat sang desainer dapat lebih leluasa mengamati dan mengexplore imajinasinya. Dengan software coreldraw desainer dapat mengembangkan imajinasinya menjadi bentuk bentuk karya seni yang menghasilkan pendapatan.

KOMPUTER LOW BUDGET

Komputer Low Budget

komponen komputer

Komputer Ekonomis, Komputer Low Budget dan Power user komputerKomputer Ekonomis Komputer Low Budget Power user komputer

Power user komputer yaitu jenis pengguna komputer yang paling tinggi tingkat kompleksitas dan tingkat kesulitan penggunaan aplikasinya. Power Users memerlukan komputer dengan spesifikasi terbaik di bidang nya . Kelompok Power Users biasanya menggunakan jenis komputer workstation atau komputer tipe lainnya yang lebih canggih . komputer ini biasanya adalah kelompok user yang memiliki kompetensi spesial di bidangnya masing-masing. Power Users umumnya merupakan jenis pengguna aplikasi yang memerlukan keahlian khusus dalam pengoperasiannya. Walaupun seringkali jenis kelompok Power Users ini identik sebagai programmer di mata orang awam, tidak semua Power Users adalah programmer. Beberapa contoh aplikasi yang digunakan oleh Power Users adalah Video Editor, Graphic Designer, Audio Producer, Scientific Researcher, Multimedia Author, Desktop Publisher, bahkan Professional Gamers. dan pada spesifikasi rakitan di atas merupakan salah satu rakitan power user komputer karena pada tiap tiap bagiann dari komputer tersebut menggunakan tingkat kompleksitas dan kualitas yang baik.

komputer ekonomis merupakan spesifikasi komputer yang harga dan kualitas nya  serta kegunaannya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen. seperti pada contoh bahwa komputer tersebut menggunakan prosessor i5 yang artinya untuk menjalankan berbagai pekerjaan akan mempermudah dan lebih efisien.

komputer low budget  yaitu sesuai dengan namanya yaitu harga yang rendah tapi tidak untk kualitasnya karena tiap perangkat dari komputer mempunyai kualitas nya dan tingkat kompleksitas yang berbeda beda .

spesifikasi komputer

 

komputer low budget

Komputer Ekonomis

 

 

 

 

 

 

 

 

komputer ekonomis

Komputer Low Budget Power user komputer

Power user komputer

pemira unila 2016

universitas lampung – mati suri demokrasi yang terjadi di universitas lampung pada 2 tahun terakhir ini seakan membuat mahasiswa nyaman dengan kondisi yang namanya aklamasi. tapi pada tahun ini, ditahun 2016, di tempat yang sama universitas lampung, kita yang tergerak dari hati untuk perubahan unila, PANSUS UNIVERSITAS 2016 mengusik kaum kaum yang nyaman dengan kondisinya untuk maju dan meubah guna menuju unila emas 2025. maka dari itu kita PANSUS U mengadakan temu rakyat dan debat kandidat yang termasuk ke dalam rentetan kegiatan dalam menjaring pemimpin UNILA yang paham akan konstitusi KBM unila.

kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari senin yang untuk waktunya

temu rakyat senin 28 maret 2016 pukul 13:00 di @fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, dan untuk

debat kandidat senin 28 maret 2016 pukul 14 : 00 @belakang rektorat universitas lampung.

12417889_201695290209594_6676495664000965457_n1936514_201702940208829_5178549491781456290_n

kegiatan temu rakyat ini bertemakan “kupas tuntas visi dan misi guna menyongsong kerja nyata DPM U KBM UNILA” dan debat kandidat ini ber tema kan ” memperkokoh legitimasi konstitusi KBM UNILA menuju UNILA emas 2025″.

dari kegiatan kegiatan di atas harapanya untuk pemimpin UNILA naantinya tidak hanya  pandai dalam aksi tapi juga paham akan konstitusi, dan mensinergisitaskan antara kegiatan lembaga konstitusi UNILA dengan rencana strategis unila.

#pemiraku,pemiramu,pemirakita.

#PANSUS_U_2016

#KITA_BEDA

 

demokrasi, not democrazy

Demokrasi yang didambakan tak seindah gunung pesagi di Liwa sana.
Saling menghujat antar kandidat bukanlah ciri dari aktivis hebat, tapi itu tak lebih terhormat dari penikmat uang rakyat.
Saling menonjolkan kekuatan, menjatuhkan lawan dan saling serang argumen.
Ketika bertemu saling sapa dan bersalaman walaupun dalam hati tak seindah tatapan.
ketika rakyat sipil seperti saya mendambakan kedamaian, harga jual apa yang mengharuskan saya untuk memberikan suara pada kalian??
Kalian yg saling menjatuhkan? Berapa harganya?! Haruskah?!
Bergeraklah dengan bebas kawan, tanpa saling sikut dan saling sikat.
Apa bedanya dengan banteng berdasi yg kau murka dengan kebijakannya jika kau berlaku sama.
Bersainglah dengan elegan, agar kau punya nilai jual. Ambisius dan emosi tak memiliki nilai tinggi, malah akan melemparmu ke pasar rendahan

indonesia sejahtra !!!

Indonesia Ku Cinta, Indonesia Ku Malang
Indonesia berdiri diatas pilar konstitusi pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kedua tonggak tersebut telah membawa kepada konsekuensi besar menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai landasan utama, menjadi ideologi yang wajib ditaati dalam setiap perikehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan kepada bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakatnya. Sebagaimana tertuang dalam kalimat berikut :”…Kemudian dari pada itu untuk membentuk pemerintahan negara Indonesia yang bebas, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia….”. Namun 70 Tahun setelah Indonesia merdeka, cita-cita luhur bangsa belum juga dapat terealisasi, masyarakat di negeri ini belum memperoleh kesejahteraan. Apa yang salah? apa kaitannya dengan konstitusi?. Krisis moneter tahun 1998 menyadarkan bangsa Indonesia betapa para pemimpin pada masanya telah menghianati konstitusi dengan menghadiahkan beban hutang Rp. 1435 milyar. Tumbangnya pemerintahan pada masa itu tidak cukup untuk membayar kesalahan yang dibebankan kepada rakyat. Restrukturisasi dan Privatisasi terhadap Industri-Industri strategis, yang menyebabkan kesejahteraan semakin mahal untuk didapatkan dinegeri ini adalah bukti kita menghianati konstitusi dan berpijak kepada ideologi(politiik energi) yang neoliberal dan merugikan bangsa.
Neoliberal di Indonesia
Keberadaan Neoliberalisme di negara Indonesia ditengarai salah satunya dengan adanya penandatanganan kesepakatan Letter Of Intent (LOI) pada bulan Oktober tahun 1997 yang berbunyi sebagai berikut;
“ Step will also be taken to promote domestic competition.These measure will aim to increase efficiensy, Thereby improving the supplay of product to consumers. In paralel, with its efforts to increase private sector efficency and comtitiveness, the goverment will undertake a public sector expenditures and investment review in order to promote more efficient use of goverment resource. This review to be carried out in collaboration with the world bank, will include expenditures by central government, stated owned enterprises and strategic industries. this review will be completed in six month and will result in a compressive program to improve fiscal effiency ant restructure state owned enterprises and strategic industries. It will basis for an acdelerated program privatisation”.
Artinya; pemerintah RI akan mengambil alih langkah untuk mendorong terjadinya kompetisi (pasar bebeas-pen). Dorongan ini bertujuan untuk menaikkan efisensi. Dengan cara ini, diharapkan ada perbaikan pasokan produk ke konsumen. Secara paralel, dengan usaha menaikkan efisiensi sektor swasta dan terjadinya kompetisi, pemerintah akan membuat evaluasi terhadap biaya pengeluaran yang dipakai untuk mendukung investasi maupun pelayanan publik (seperti PLN) dalam rangka penerapan efiseinsi penggunaan uang pemerintah. Evaluasi ini dilakukan dengan kolaborasi bersama World Bank termasuk pengeluaran dari pemerintah pusat, BUMN dan industri strategis. Evalusi akan selesai dalam waktu enam bulan dan akan menyajikan program yang komprahensif untukperbaikan efisiensi keuangan dan restrukturisasi BUMN dan industri strategis. Ini semua akan dijadikan sebagai basis percepatan privatisasi.”(LOI: 1997)
Bertolak dari komitmen diatas, kemudian munculah restrukturisasi terhadap beberapa indutri strategis diantaranhya adalah PLN, privatisasi terhadap BUMN dan perusahaan Indosat Persero pada tahun 2003. Dalam Restrukturisasi sektor Ketenagalistrikan(PLN) misalnya. Kebijakan tersebut dibiayai dengan program loan(pinjaman) sebesar USD 380 juta untuk pembuatan program dan capacity buliding serta sebesar USD 20 juta dengan biaya ADB untuk technical asistance(TA) guna memantapkan pelaksanaan pasar bebas ketenagalistrikan di Jawa Bali. Maka pada Agustus 1998 dihasilkan The White Paper” Restrukturisasi Sektor Ketenagalistrikan yang diterbitkan oleh Departemen Pertambangan dan Energi yang ditandatangani oleh Menteri Pertambangan dan Energi Kontoro Mangkusubroto. “ The White Paper “merupakan blue print kebijakan sektor ketenagalistrikan sesuai dengan Letter Of Intent(LOI).
Selain dari pada itu keberadaan mafia Barkeley dan The Washington Consesus ditengarai merupakan cikal bakal berdirinya paham Neoliberal dalam struktur perekonomian di negeri ini. Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 1967 pasca jatuhnya Soekarno, pemerintahan Soeharto mengirim tim ekonomi dibawah pimpinan Prof. Wijoyo Nitisastro ke Amerika yang kemudian menjadi arsitek ekonomi Orde Baru yang dikenal dengan julukan “Mafia Barkeley”. Tujuannya adalah untuk mempelajari sistim ekonomi Kapitalis(Daryoko: 2015). Melalui Tangan Prof. Wijoyo Nitisastro dan kawan-kawan, sistem ekonomi Indonesia menitikberatkan pada pembangunan fisik dan dibagi dalambeberapa tahapan waktu, yaitu Pembangunan jangka panjang, Pembangunan Jangka Menengah, dan Pembangunan Jangka Pendek (REPELITA) dengan menerapkan teori ekonomi yang baru didapatdari Amerika. Diantaranya adalah dengan mengandalkan hutang luar negeri yang sangat dihinari pada masa Soekarno karena adanya Trisakti.
Akibat dari sistem perkonomian yang bertumpu pada politik ekonomi pembangunan yang mengandalkan pembangunan hutang luar negeri, Presiden pada 31Oktober 1997 Presiden Soeharto menandatangani pengakuan hutang sebesar Rp 1.400 triliun bernama Letter Of Intent (LOI) yang pertama. Bertolak dari LOI tersebut, maka sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengalami privatisasi seperti misalnya Indosat,Telkom, Krakatu Steel, sejumlah pabrik semen, pabrik pupuk dan lainnya.Sedangkan Pertamina, tidak mengalami privatisasi.Tetapi mengalami degradasi peran, yang semula sebagai agentof development dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Pertambangan Migas,. Akhirnya, ladang minyak yang dimiliki Pertamina tidak lebih dari 15%, dengan produksi minyakmentah tidak lebih dari 150 ribu per barel per harinya( dibandingkan dengan provuksi Chevron yang rata-rata 400 ribu barel per hari)(Dharyoko:2014: 15).
Antitesis Bahaya Neoliberal
Menurut Alexander Wendt, neo-liberalisme mengajak negara-negara pasca-kolonial untuk merayakan pasar bebas dan demokrasi sambil melupakan imajinasi negara sebagai identitas perlawanan atas kolonialisme. Dengan membentuk prinsip, ide serta sistem keyakinan sebagai norma tatanan dunia baru, persebaran itu berlangsung secara sistematis melalui berbagai upaya penanganan krisis ekonomi, baik berupa pemberian pinjaman dan bantuan luar negeri maupun dengan mengkonstruksi sejumlah norma baru sistem pemerintahan yang paralel dengan bekerjanya mekanisme pasar.
Pada umumnya, pilihan terhadap kebijakan neoliberal didasarkan pada upaya kawasan untuk membuka pasar interna- sional serta mendorong proses demokra-tisasi. Pembukaan pasar sangat penting bagi negara dan untuk sebagian besar, didorong oleh rasa percaya diri yang amat tinggi karena kawasan suatu negara memiliki sumber alam yang sangat kaya, seperti dari sektor migas, pertanian dan juga juga sektor kehutanan.
Keberhasilan Kebijakan Neoliberal tercermin pada pemerintahan Inggris dibawah pemerintahan Margareth Tatcher yang melakukan privatisasi pada sektor publik. Dalam kasus ini Tatcher memprivatisasi perusahaan kereta api yang tadinya lesu menjadi hidup kembali dan menghidupkan geliat pertumbuhan ekonomi disektor tersebut menjadi Lebih baik Lagi( Heawood: 2005).
Seperti yang terdapat dalam RUUK(Rancangan Undang-Undang Ketenagalistrikan) Kebijakan tersebut membawa implementasi kepada empathal diantaranya; Rerstrukturisasi, Restrukturisasi ditujukan memutus rantai monopoli ditubuh PLN. Sebagaimana diketahui meskipun mendapat amanat secara konstitusional sebagai penguasa tunggal terhadap energi listrik, yang luput dari perhatian adalah kebermanfaatan yang diberikan tidak mampu direalisasikan oleh PLN. Kedua Privatisasi, Privatisasi dilakukan dengan maksud agar terjadi perubahan atas budaya perusahaan sebagai akibat dari masukanya pemegang saham baru,baik melalui penawaran umum (go publik) ataupun melalui penyertaan langsung (direct placement). Disamping itu privatisasi hanya pengalihan kepemilikan dan ataupengelolaan perusahaan,tidak mengakibatkan hilangnya perusahaan. Ketiga adalah ketenagakerjaan. Dengan dibukanya usaha ketenagalistrikan kepada BUMD, Koperasi, dan swasta,tentunya akan membuka kesempatan penyerapan tenaga kerja yang lebih luas dan lebih besar lagi, dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan secara nasional. Ke empat audit BUMN dengan diberlakukannya audit maka setiap lima bulan setelah diberlakukan, PT PLN PERSERO, dan direksi Pertamina wajib menyampaikan laporan kepada pemilik saham(swasta) sehingga hal terebut memungkinkan akuntabilitas dan transparansi dan pada akhirnya profesionalitas kerja dapat diperoleh. Sebagaimana diketahui bahwa PLN yang mopolistik cenderung dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk memperkaya diri(Dharyoko: 2015).
Berkaca Dari Negara-Negara di Dunia
Apa yang terjadi di Indonesia sangat mirip dengan yang terjadi di Indonesia hanya saja label-nya saja yang bereda. DI Indonesia disandungkan dengan Letter Of Intent (LOI)Neoliberal muncul seperti malaikat pada mulanya memberikan bantuan kepada negar-negara pasca kolonial. Namun, pada akhirnya malah mencekik bangsa tersebut melalui kontrak perjanjian dan hutang yang semula digelontorkan kepada negara-negara pasca kolonila.
Dalam jurnal Ilmu Sosial dan Politik Volume 15 Tahun 2012 Universitas Gajah Mada yang berjudul “Strukturisasi Norma: Pengarusutamaan Gagasan Neoliberal di Negara Pasca Kolonial( Pengalaman Amerika Latin dan Asia)” dikatakan bahwa, secara umum terdapat lima aspek penting penerapan kebijakan neoliberal dalam pembangunan di negara-negara di Amerika Latin.
Pertama, penurunan secara dramatis hambatan-hambatan, baik tarif maupun non-tarif dalam impor. Kedua, pembukaan pasar seluas-luasanya bagi masuknya investor termasuk dalam hal eksplorasi sumber daya alam. Ketiga, adanya ruang permisif bagi kehadiran perusahaan multinasional. Keempat, perlusan kebijakan privatisasi terutama pada sektor-sektor ekonomi yang sebelumnya dikuasai negara. Kelima, menghilangkan sejumlah hambatan atau restriksi dalam perundang-undangan perburuhan(Baer, 2002). Semua paket kebijakan berlangsung dalam skema besar dan khas desain Bank Dunia dalam kebijakan Structural Adjustment Program. Para pengamat melihat bahwa pilihan pada kebijakan neoliberal sebenarnya merupakan bentuk resurgensi ekonomi-politik yang mengulang kembali pola-pola relasi masa silam antara entitas negara dan struktur ekternal yang semakin solid, koheren dan hegemonik (Baer, 2002).
Posisi dan peran negara dalam struktur rejim neoliberal di Amerika Latin telah mengubah watak negara di kawasan itu menjadi apa yang oleh Francis Fukuyama (2005) disebut negara lemah (weak state) Negara lemah, menurut Fukuyama, adalah negara yang tidak bisa menjamin bekerja- nya fungsi dasar negara yakni menjaga ketertiban, menciptakan rasa aman dan kebebasan serta mampu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan ekonomi.
Potret hadirnya negara lemah di Amerika Latin tercermin dari kekerasan politik yang masih berlangsung di kawasan ini. Di Meksiko dan Kolumbia, negara harus bersaing dengan kelompok-kelompok gangster maupun kartel obat bius. Bahkan dalam banyak kasus, jejaring kartel obat bius di negara seperti Kolumbia telah “membantu” peme- rintah negara tersebut ketika mengalami krisis ekonomi meskipun akibatnya adalah terciptanya political-criminal nexus yang pada dasarnya membentuk modus simbiosa mutualisme antara pemerintah dan para kartel. Dalam jangka pendek, kehadiran kartel ini bisa menolong pertumbuhan ekonomi. Namun dalam jangka panjang, ia akan menjadi kekuatan kriminal, merong- rong kapasitas negara dan mendistorsi berbagai kebijakan ekonomi-politik yang ada (Herningtyas, 2008).

Simpulan
Indonesia merupakan negara dengan ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, namun dalam kenyataannya praktik kebijakan ekonomi di negeri ini berubah haluan dengan cenderung kepada kapitalisme dan neoliberal. Hal tersebut bermula dari penandatanganan pacta prnyataan hutang Letter of Intent(LOI) kepada Bank Dunia(World Bank). Hal tersebut membuat bangsa Indonesia harus membayar mahal yaitu ketiadaan kedaulatan secara ekonomi dan lebih luas menyangkut masalah jati diri bangsa. Pragmatisme lebih mendominasi para pengambil kebijakan dinegeri ini sehingga semangat patriotisme dan nasionalisme yang digadang-gadang para pemimpin dimasa lalu musnah sudah. Jika semua dilakukan atas dasar efisiensi, dan ketidakmampuan sumber daya, ada baiknya kita menoleh sejenak pada masa setelah kemerdekaan dimana para founding father kita berani melakukan nasionalisasi aset asing dengan kondisi perekonomian yang lebih buruk dari saat ini. Artinya semua bergantung dari para pemimpin di negeri ini. Apakah masih memikirkan rakyat, atau justru sebaliknya hanya memperkaya diri sendiri?

Daftar Pustaka

Asprinall, Edward. 2010. Assessing Democracy Assistance: Indonesia,laporan risetuntuk FRIDE, Spanyol. Laporan ini dimuat pada FRIDE.
Bank Dunia. 1997. The State in a Chang- ing World. World Development Report.
Daryoko, Ahmad. 2015. Konspirasi Penjualan PLN ke Asing. Jawa Barat. Big Publishing.
Fukuyama. 2005. The End Of Hystory And Last Men. London. Free Press
Heywood, Andrew. 2005. Politics(second Edition). British. Math For Science and Engineering.
Jurnal Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada Volume 15 No. 3 maret 2012 berjudul “ Strukturisasi Norma: Pengarusutamaan Gagasan Neoliberal di Negara Pasca Kolonial ( Pengalaman Amerika Latin dan Asia)”.
Letter Of Intent (LOI), 31 Oktober 1997.
Wendt, Alexander. 1999. Social Theory of International Politics. Cambridge: Cam- bridge University.
http://www.collegedrinkingprevention.gov/media/Journal/040-Baersep.pdf
http://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?paperID=22519

.

jika

Jika Maka

Di hadapku telah tersaji bubuk hitam dan butiran putih. Keduanya menanti untuk duet bersama dalam lautan berkepul. Aku menghitung putaran yang ada di tanganku. Rupanya sudah berputar sejauh 30, sepertinya dibutuhkan 30-60 lagi untuk membuat laut hitam yang penuh kepul nan harum. Tik tok tik tok. Kucampurkan bubuk hitam dan butiran putih ke dalam wadah kaca bening bersama dengan air yang kunantikan itu hingga membentuk lautan hitam yang penuh kepul nan harum.

Kusesap perlahan lautan hitam itu. Bagi para pecintanya, aromanya memang mengundang ketenangan dan kedamaian tersendiri yang mengundang candu yang mungkin hanya bisa dikalahkan oleh morfin. Dinginnya udara sekitar terasa menusuk hingga tulang, untunglah laut hitam ini cukup menolongku untuk berperang dengannya. Kutengok ke kaca jendela, rupanya di luar langit belum berhenti menangis. Pantas saja terasa dingin. Kuamati butiran putih yang duduk manis di hadapku. Aku jadi teringat tulisan yang beberapa waktu lalu aku baca. Si penulis mengatakan, “rupa-rupanya kekuasaan itu manis. Semanis gula atau bahkan mungkin lebih manis. Ah siapa pula yang tidak suka rasa manis? Jangankan rasa, wajah yang manis pun enak dipandang. Tapi manusia sering lupa, kalau dokter menganjurkan untuk tidak banyak mengonsumsi yang manis-manis. Mengundang banyak penyakit, katanya. Sama halnya dengan kekuasaan. Kekuasaan memang manis, tapi jika terlalu banyak maka boleh jadi akan mengundang banyak penyakit.” Aku tersenyum simpul mengingatnya.

***

“Bagaimana mungkin lembaga dakwah ini dibubarkan? Kita tidak melakukan kesalahan apapun, bukan?” Lelaki berkacamata itu terlihat sangat gusar. Wajah teduh yang biasanya terlihat sabar, kini menampakkan sisi lainnya.

“Tapi begitulah kenyatannya, akhi. Sudah mendekati final. Apa yang harus kita lakukan?” Lelaki berambut cepak di sampingnya terlihat bingung dan juga panik. Padahal dia adalah seorang yang pembawaannya sangat tenang, jika dia mengalami kepanikan maka itu artinya telah terjadi sesuatu yang sangat serius.

Keduanya saling diam. Tenggelam dalam pikiran masing-masing, atau mungkin kekalutan masing-masing. Lelaki berkacamata itu bernama Farhan, dialah yang saat ini tengah memegang tampuk kekuasaan tertinggi di lembaga dakwah fakultas yang nyawanya sudah sampai di tenggorokan itu. Dan lelaki berambut cepak di samping Farhan bernama Hamid, dialah wakil dari Farhan. Sebagai pemimpin, mereka berdua sebenarnya sudah terlatih menghadapi situasi-situasi genting yang menghampiri. Tapi kenyataan bahwa nyawa lembaga yang mereka pimpin akan dihabisi menjadi sesuatu yang sangat mengganggu pikiran mereka berdua.

“Bukan hanya itu, kabarnya program pembinaan yang sudah rutin kita jalankan dari tahun ke tahun juga akan dihapuskan.” Kali ini Hamid berbicara dengan nada yang lebih serius. Mereka benar-benar akan dihabisi. Farhan terdiam. Namun wajahnya menampakkan kemarahan, kesedihan, kebingungan, dan entah perasaan apa lagi. Tidak terlihat wajah sabar nan ramah yang selama ini selalu menjadi ciri khas Farhan.

Sekejap saja kabar itu tentu menyebar ke semua kader lembaga dakwah tersebut. Tak pelak hal itu menimbulkan kegaduhan dan kekhawatiran di hati semua kader yang memang berdedikasi kepada lembaga dakwah tersebut. Farhan dan Hamid memutuskan untuk melakukan syuro akbar bersama seluruh kader.

“Kita harus tetap berpegang. Rapatkan shaf kit

sifat pribumi masa kini

sifat – sifat orang indonesia

pernahkah anda berpikir tentang sifat orang indonesia itu seperti apa ? pernahkah terlintas di pikiran anda bahwa sifat orang indonesia itu unik ? terkadang ada yang berpikir pula jika sifat – sifat orang indonesia aneh dan susah di tebak .

menurut tulisan muchtar lubis, seorang penulis buku yang berjudul ” manusia indonesia “. bahwa di gambarkan jika sifat – sifat manusia indonesia itu aneh . seperti apa aneh nya . di antaranya sebagai berikut ini:

  1. Hipokrit alias Munafik:
    Berpura-pura, lain di muka – lain di belakang, merupakan sebuah ciri utama manusia Indonesia. Sifat ini muncul karena sejak lama manusia Indonesia mengalami penindasan sehingga dipaksa oleh kekuatan-kekuatan dari luar untuk menyembunyikan apa yang sebenarnya dirasakannya atau dipikirkannya ataupun yang sebenarnya dikehendakinya, karena takut akan mendapat ganjaran yang membawa bencana bagi dirinya.
  1. Segan dan Enggan Bertanggung Jawab:

Atas perbuatannya, putusannya, kelakuannya, pikirannya, dan sebagainya.
“Bukan saya”, adalah kalimat yang cukup populer di mulut manusia Indonesia. Atasan menggeser tanggung jawab tentang suatu kegagalan pada bawahannya, dan bawahannya menggesernya ke yang lebih bawah lagi, dan demikian seterusnya. Akan tetapi jika merupakan suatu keberhasilan, maka mereka paling depan mengatakan, itu karena saya

  1. Berjiwa Feodal:

Mereka yang mempunyai kekuatan dan kekuasaan harus dihormati oleh yang dikuasai, yang kecil dan tanpa kekuasaan harus mengabdi kepada yang besar. Segala sesuatu yang berhubungan dengan yang berkuasa, juga harus dihormati oleh mereka yang di bawahnya, isteri bawahan harus menghormat isteri atasan, anak bawahan harus menomersatukan anak atasan, dan seterusnya.

Sikap-sikap feodalisme ini dapat kita lihat dalam tatacara upacara resmi kenegaraan, dalam hubungan-hubungan organisasi kepegawaian (umpamanya jelas dicerminkan dalam susunan kepemimpinan organisasi-organisasi isteri pegawai-pegawai negeri dan angkatan bersenjata), dalam pencalonan isteri pembesar negeri dalam daftar pemilihan umum. Isteri komandan, isteri menteri otomatis jadi ketua, bukan berdasar kecakapan dan bakat leadership-nya, atau pengetahuan dan pengalamannya atau perhatian dan pengabdiannya.

  1. Masih Percaya Takhyul:

Dulu, dan sekarang juga, masih ada yang demikian, manusia Indonesia percaya bahwa batu, gunung, pantai, sungai, danau, karang, pohon, patung, bangunan, keris, pisau, pedang, itu punya kekuataan gaib, keramat, dan manusia harus mengatur hubungan khusus dengan ini semua. Kepercayaan serupa ini membawa manusia Indonesia jadi tukang bikin lambang. Kita percaya pada jimat dan jampe. Untuk mengusir hantu kita memasang sajen dan bunga di empat sudut halaman, dan untuk menghindarkan naas atau mengelakkan bala, kita membuat tujuh macam kembang di tengah simpang empat. Kita mengarang mantera. Dengan jimat dan mantera kita merasa yakin telah berbuat yang tegas untuk menjamin keselamatan dan kebahagiaan atau kesehatan kita.

  1. Artistik:

Ciri ini selalu memperlihatkan sesuatu yang indah, baik, bagus serta mempesonakan untuk dipandang. Ciri ini bisa mampu menyimpan atau menyembunyikan keadaan sebenarnya yang ada dalam hidupnya, jiwanya, kalbunya. Dia hidup lebih banyak dengan naluri, dengan perasaannya, dengan perasan-perasaan sensuilnya, Orang asing -turis mancanegara- paling senang menonton nuansa artistik manusia Indonesia ini, karena memang dipertontonkan oleh manusia Indonesia sendiri. Ciri ini mungkin datang dari sikap manusia Indonesia yang ramah dan menyenangkan orang lain, sehingga tidak mau siapa pun melihat hal-hal jelek, tidak baik, dan buruk dari dalam diri mereka.

  1. Watak yang Lemah:

Foto ribuan cewek anak buah Ratu Prostitusi Yunita Keyko. Keyko diduga sebagai mucikari besar dengan ‘ayam’ atau gadis mencapai 2.600 orang. / merdeka.com
Karakter kurang kuat. Manusia Indonesia kurang dapat mempertahankan atau memperjuangkan keyakinannya. Dia mudah, apalagi jika dipaksa, dan demi untuk ’survive’ bersedia mengubah keyakinannya. Makanya kita dapat melihat gejala pelacuran intelektuil amat mudah terjadi dengan manusia Indonesia.

  1. Tidak Hemat, Dia Bukan “Economic Animal”:

Malahan manusia Indonesia pandai mengeluarkan terlebih dahulu penghasilan yang belum diterimanya, atau yang akan diterimanya, atau yang tidak akan pernah diterimanya. Dia cenderung boros. Dia senang berpakaian bagus, memakai perhiasan, berpesta-pesta. Hari ini ciri manusia Indonesia menjelma dalam membangun rumah mewah, mobil mewah, pesta besar, hanya memakai barang buatan luar negeri, main golf, singkatnya segala apa yang serba mahal.

  1. Lebih suka tidak bekerja keras, kecuali kalau terpaksa:
    Gejalanya hari ini adalah cara-cara banyak orang ingin segera menjadi “miliuner seketika”, seperti orang Amerika membuat instant tea, atau dengan mudah mendapat gelar sarjana sampai memalsukan atau membeli gelar sarjana, supaya segera dapat pangkat, dan dari kedudukan berpangkat cepat bisa menjadi kaya.
  1. Manusia Indonesia Tukang Menggerutu.:

Tetapi menggerutunya tidak berani secara terbuka, hanya jika dia dalam rumahnya, atau antara kawan-kawannya yang sepaham atau sama perasaan dengan dia.

  1. Cepat Cemburu dan Dengki

Cemburu dan dengki terhadap orang lain yang dilihatnya lebih maju dari dia. Akibatnya mereka mudah untuk menjatuhkan orang lain dengan intrik, fitnah, dan lain-lain.

  1. Manusia Indonesia juga dapat dikatakan manusia sok.:

Kalau sudah berkuasa mudah mabuk berkuasa. Kalau kaya lalu mabuk harta, jadi rakus. sifat seperti ini yang harusnya di hilangkan dari indonesia yang mayoritas dari rakyatnya beragama muslim.

  1. Manusia Indonesia juga manusia tukang tiru atau Plagiat.

Kepribadian kita sudah terlalu lemah. Kita tiru kulit-kulit luar yang mempesonakan kita. Banyak yang jadi koboi cengeng jika koboi-koboian lagi mode, jadi hipi cengeng jika sedang musim hipi.tukang tiru. Hal ini mengakibatkan manusia Indonesia ’hampir-hampir’ kehilangan identitasnya sebagai bangsa yang mempunyai ciri kebudayaan sendiri.

Di samping itu, manusia Indonesia, juga mempunyai sifat bisa kejam, bisa meledak, ngamuk, membunuh, membakar, khianat, menindas, memeras, menipu, mencuri, korupsi, tidak peduli dengan nasib orang lain, dan lain-lain.

nah itu tadi tulisan yang di kutip dari buku nya muchtar lubis .

semoga bermanfaat.

sebagai pembelajar yang santun sebaiknya kita merealisaikan kebaikan dari pada keburukan .