• Kunjungan Mahasiswa Teknik Informatika Unila Angkatan 2015 ke PT TELKOMSEL Regional Lampung

    visitasi_170717_0062

     

    Senin, 17 Juli 2017 telah berlangsung kegiatan Kuliah Kunjungan Lapangan  untuk Mata Kuliah Jaringan Komputer yang diampu oleh Bapak Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I.  ke PT TELKOMSEL Regional Lampung. PT Telkomsel Regional Lampung berlokasi di Jalan Way Sekampung No.08, Pahoman, Bandar Lampung. Kunjungan yang diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB ini, mendapat sambutan hangat dari Bapak Tengku Erfansyah, S. T., M.M., selaku General Manager di Kantor Telkomsel Telecommunication Center (TTC) Lampung. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dosen Pengampu Mata Kuliah Jaringan Komputer, Bapak Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I..

    Sebelum berkeliling Kantor TTC, mahasiswa mendapatkan beberapa materi.  Materi pertama disampaikan oleh Kakak Galuh, yakni seputar sejarah berdirinya Telkomsel.

    Telkomsel Lampung_170717_0072Telkomsel Lampung_170717_0053

     

    Sejarah Berdirinya Telkomsel

    Sejak berdiri pada tanggal 26 Mei 1995, Telkomsel secara konsisten melayani negeri, menghadirkan akses telekomunikasi kepada masyarakat Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Saat ini Telkomsel adalah operator selular terbesar di Indonesia dengan 170 juta pelanggan dan untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan negara, Telkomsel menggelar lebih dari 140 ribu BTS.

    Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan teknologi seluler terkini dan menjadi yang pertama meluncurkan secara komersial layanan mobile 4G LTE di Indonesia. Memasuki era digital, Telkomsel terus mengembangkan bisnis digital, diantaranya Digital Advertising, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, dan Internet of Things. Untuk melayani kebutuhan pelanggan, Telkomsel menggelar call center 24 jam dan layanan GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Untuk memberikan layanan yang prima kepada masyarakat di dalam menikmati gaya hidup digital (digital lifestyle), Telkomsel turut membangun ekosistem digital di tanah air melalui berbagai upaya pengembangan DNA (Device, Network dan Applications), yang diharapkan akan mempercepat terbentuknya masyarakat digital Indonesia. Selain itu Telkomsel juga aktif mendorong generasi muda untuk secara positif menggunakan teknologi.

    Telkomsel akan selalu hadir untuk menginspirasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi terdepan, produk dan layanan yang kompetitif, serta solusi inovatif. Hal ini akan mengantarkan Indonesia menuju perekonomian masyarakat berbasis broadband sesuai roadmap teknologi selular. Kecintaan pada negeri mendorong Telkomsel untuk terus berkreasi menghadirkan layanan telekomunikasi terbaik bagi masyarakat Indonesia. (http://www.telkomsel.com/history–milestones)      

     

    Materi kedua disampaikan oleh Kakak Rawan, yakni seputar Spektrum Frekuensi pada Telkomsel.

    • Spektrum Frekuensi 800 dan 900 MHz
      Flexi, StarOne, Esia, berada pada spektrum ini.
    • Spektrum Frekuensi 1800 MHz
      2G dan 4G berada di spektrum ini. 4G menggunakan spektrum 1800 MHz dengan mengurangi kuota 2G dan Flexi.
    • Spektrum Frekuensi 2100 MHz
      3G berada pada spektrum ini.

     

    Materi ketiga disampaikan oleh Kakak Gatra tentang bagaimana sinyal Telkomsel berjalan ketika menelpon, sms, maupun untuk koneksi internet, MSISDN (Mobile Subscriber ISDN Number), ADN (Abbreviated Dialing Number), USSD, MSC/HLR/SGSN/BSC/RNC, CS (Circuit Switch).

    visitasi_170717_0076Telkomsel Lampung_170717_0049

    Setelah penyampaian materi, 34 mahasiswa yang hadir dibagi menjadi 3 kelompok. Tujuannya untuk membagi jumlah yang terlalu banyak. Terdapat 3 ruang di lantai yang berbeda yang akan dituju. Ruang di lantai 1 terdapat monitoring akses Telkomsel di seluruh Lampung. Ruang Lantai 2 terdapat MSC, SGSN, RNC, dan lain-lain, dimana suhu ruangannya berkisar antara 22 derajat celcius hingga 25 derajat celcius untuk menjaga hardware tersebut tetap dingin selama beroperasi 24 jam penuh. MSC tidak boleh mati, jika MSC mati, maka akan diclustering ke Palembang, sehingga jaringan tidak mati dan tetap berjalan. Ruang lantai 3 terlihat banyak sekali kabel, dan suhunya berkisar antara 16 derajat celcius hingga 21 derajat celcius, jauh lebih dingin dari ruang lantai 2. Pada ruangan ini terdapat modem dan kabel jaringan.

    Telkomsel Lampung_170717_0031

    visitasi_170717_0059

    visitasi_170717_0018

    Kunjungan dilanjutkan dengan sesi foto bersama di atap Telkomsel bersama kru Telkomsel dengan view keindahan Teluk Betung. Semoga dengan adanya Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL) ini, mahasiswa mendapatkan gambaran lebih untuk kedepannya dalam dunia kerja serta mendapat ilmu yang bermanfaat.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Slider by webdesign